Minggu, 05 Mei 2013

PROGRAM PENGAWAS


BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pengawas sekolah adalah Kompetensi Supervisi Manajerial. Pengawas sekolah adalah tenaga kependidikan profesional yang berfungsi sebagai unsur pelaksana supervisi pendidikan yang mencakup supervisi akademik dan supervisi manajerial. Supervisi akademik terkait dengan tugas pembinaan guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Supervisi manajerial terkait dengan tugas pembinaan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya dalam aspek pengelolaan dan administrasi sekolah.
Ragam kegiatan dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah  meliputi:
1.        Pelaksanaan analisis kebutuhan pengembangan sekolah
2.     Penyusunan program kerja pengawasan sekolah
3.     Penilaian kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja tenaga kependidikan lain (TU, Laboran, dan pustakawan).
4.     Pembinaan kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya.
5.     Pemantauan kegiatan sekolah serta sumber daya pendidikan yang meliputi kepemimpinan, pengembangan sarana belajar, prasarana pendidikan, biaya, dan lingkungan sekolah.
6.     Pengolahan dan analisis data hasil penilaian, pemantauan, dan pembinaan.
7.     Evaluasi proses dan hasil pengawasan.
8.     Penyusunan laporan hasil pengawasan.
9.     Penyusunan rencana perbaikan mutu.
10.  Tindak lanjut hasil pengawasan untuk pengawasan berikutnya.

Seluruh kegiatan tersebut  dilaksanakan dalam suatu siklus secara periodik yang merupakan rangkaian tugas kepengawasan.
Disamping itu tugas pokok kepengawasan khususnya pengawas sekolah madya berdasarkan Permeneg PAN dan RB pasal 14 b adalah:
1.    Menyusun program pengawasan
2.    Melaksanakan pembinaan guru dan/atau kepala sekolah
3.    Memantau pelaksanaan standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan,, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian.
4.    Melaksanakan penilaian kinerja guru dan/atau kepala sekolah
5.    Melakukan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan
6.    Menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesi guru dan/atau kepala sekolah di KKG dan/atau KKKS
7.    Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesi guru dan/atau kepala sekolah
8.    Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah dalam menyusun program sekolah, rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan sistem informasi dan manajemen
9.    Mengevaluasi hasil pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan/atau kepala sekolah
10. Membimbing pengawas seklah Muda dalam melaksanakan tugas pokok
          Kegiatan pengawasan sekolah diawali dengan penyusunan program kerja yang dilandasi oleh hasil pengawasan pada tahun sebelumnya. Dengan berpedoman pada program kerja yang disusun, dilaksanakan kegiatan inti pengawasan meliputi penilaian, pembinaan, dan pemantauan pada setiap komponen sistem pendidikan di sekolah binaan. Pada tahap berikutnya dilakukan pengolahan dan analisis data hasil penilaian, pembinaan, dan pemantauan dilanjutkan dengan evaluasi hasil pengawasan dari setiap sekolah dan dari semua sekolah binaan. Berdasarkan hasil analisis data, disusun laporan hasil pengawasan yang menggambarkan sejauh mana keberhasilan tugas pengawas dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan di sekolah binaannya. Sebagai tahap akhir dari satu siklus kegiatan pengawasan sekolah adalah menetapkan tindak lanjut untuk program pengawasan tahun berikutnya. Tindak lanjut pengawasan diperoleh berdasarkan hasil evaluasi komprehensif terhadap seluruh kegiatan pengawasan dalam satu periode. 

PROGRAM SEMESTER KEPENGAWASAN


PROGRAM SEMESTER KEPENGAWASAN
SEMESTER :
TAHUN PELAJARAN

A.   IDENTITAS SEKOLAH

SEKOLAH                             : SDN NO.248 Kampung Baru
KEPALA SEKOLAH                        : SUMIATI, S.Pd.
ALAMAT SEKOLAH            : Jln. Pendidikan No.  , Kampung Baru, Bajo
SEMESTER                          : ..............................................
TAHUN PELAJARAN         : 2011-2012


B.   VISI DAN MISI SEKOLAH

Visi    
MengukirPrestasi Tinggi, Piawai Mengasah Budi Pekerti, Beriman dan Taqwa serta Unggul dijiwai oleh nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
Misi
1.    Mengembangkan sikap dan perilaku religiusitas di lingkungan dalam dan luar sekolah.
2.    Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerja sama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
3.    Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, dan nyaman.
4.    Menciptakan suasana Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM).
5.    Menanamkan kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan hidup demokratis.

C.   Identifikasi Masalah:
1.    PeningkatankualitasAdministrasi Perencanaan Pembelajaran
2.    PeningkatanKegiatan Pembelajaran
3.    PeningkatankualitasAdministrasi Penilaian Pembelajaran












 

INSTRUMEN SUPERVISI


PEMERINTAH KABUPATEN LUWU
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
Alamat: Jln Jendral Sudirman No.1 Komplek Perkantoran Pemkab.Luwu
Belopa
INSTRUMEN
SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH               : ..........................................                  KELAS                        :          
NAMA GURU                      :  ..........................................                  SEMESTER     : I
MATA PELAJARAN            : ...........................................                  TP                   :          
HARI/TANGGAL                : ...........................................
JAM PEL.KE                        : ...........................................
KD/INDIKATOR/TEMA   : .........................................................................................................................
                                              ...........................................................................................................................

NO
INDIKATOR / ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
I
PRAPEMBELAJARAN
1.
Memeriksa kesiapan siswa
1  2  3  4  5
2.
Melakukan Kegiatan Apersepsi

1  2  3  4  5
II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
A
Penguasaan materi pelajaran
3.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1  2  3  4  5
4.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1  2  3  4  5
5.
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hirarki belajar.
1  2  3  4  5
6.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan.

1  2  3  4  5
B.
Pendekatan / strategi pembelajaran
7.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai.
1  2  3  4  5
8.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1  2  3  4  5
9.
Menguasai kelas
1  2  3  4  5
10.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1  2  3  4  5
11.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif.
1  2  3  4  5
12.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.

1  2  3  4  5
C.
Pemanfaatan sumber belajar / media pembelajaran
13.
Menggunakan media secara efektif dan efisien
1  2  3  4  5
14.
Menghasilkan pesan yang menarik
1  2  3  4  5
15.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media.

1  2  3  4  5
D.
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
16.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1  2  3  4  5
17.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa.
1  2  3  4  5
18.
Menumbuhkan keceriaan dan antusias siswa dalam belajar
1  2  3  4  5


E.
Penilaian proses dan hasil relajar
19.
Memantau kemajuan belajar selama proses
1  2  3  4  5
20.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)

1  2  3  4  5
F
Penggunaan bahasa
21.
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar.
1  2  3  4  5
22.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.

1  2  3  4  5
III
PENUTUP
23.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
1  2  3  4  5
24.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remedial / pengayaan.
1  2  3  4  5

Skor Total

............

(Catatan: skor maksimal= 120)
KESIMPULAN         : .............................................................................
                                 .............................................................................
                                 .............................................................................
SARAN-SARAN       : .............................................................................
                               : .............................................................................
: .............................................................................
: .............................................................................
: .............................................................................
                                                                            

                                                          ......................., ....................... 2010
         
      Guru                          Kepala Sekolah                Supervisor,


...................................               ...........................................         LALU  ISKANDAR, S.Pd.
NIP. .............................             NIP. ......................................          NIP.19711231 199501 1 003